Selasa, 11 November 2008

Seberapa Besar Kamar Mandi di Rumah Kita???

Ini sekedar pengalaman kecil yang aku temui beberapa tahun yang lalu. Sebuah usulan sederhana dari orang tuaku, saat aku diberi kesempatan olehNya untuk sedikit merenovasi rumah kecilku. Walau hanya sekedar usulan, namun kurasakan sebagai sebuah pendapat bijak yang sarat makna…

Usulan ini menyangkut ukuran kamar mandi yang akan dibuat, beliau mengusulkan agar kamar mandi yang akan dibangun ukurannya agak diperbesar, sehingga memungkinkan tubuh kita untuk berbaring di dalamnya dan itupun masih harus menyisakan sedikit ruang di dalamnya.

Waktu itu aku tidak sependapat dengan usulnya, bukankan akan menambah biaya? Lagipula ukuran lebih itu bisa dimanfaatkan untuk ruang lainnya? Ketidaksetujuanku akhirnya luluh setelah kudapat penjelasannya. Begini alasannya : “Kamar mandi itu fungsinya untuk membersihkan diri kita, nah itu juga harus bisa digunakan saat kita dimandikan nanti”. Lanjut beliau, “Jangan sampai terjadi, saat kita masih kidup, kita mandi di kamar mandi, tapi saat kita mati, kita dimandikan di halaman rumah yang ditutupi/dibatasi dengan kain.”

Aku begitu terkesima atas penjelasan itu….. sebuah usulan sederhana yang keluar dari sebuah kesadaran tinggi tentang hakikat perjalanan hidup manusia. Tanpa perlu berpikir dua kali, kulakukan apa yang jadi usulan beliau….

3 komentar:

deFranco mengatakan...

Wah kamar mandi dirumah saya agak kecil e, cukup sih kalo buat berbaring...tapi kalo ditambahi sama yang memandikan kayaknya bakalan sumpek...besok mandi di hotel aja lah, yang pake bathup..hehehe..salam hangat selalu, makasih udah mampir...

Seno mengatakan...

kamar mandiku 2 x 1,5. cukup gede. salam

Loveblogging mengatakan...

wish to have a huge one.. someday!




Selamat Membaca Semoga Berkesan....